Header Ads

Inilah Gejala dan Tanda-Tanda Kencing Manis

Inilah Gejala dan Tanda-Tanda Kencing Manis - Banyak orang menjadi kaget dan cemas ketika mengetahui bahwa ternyata diriya adalah pengidap penyakit kencing manis atau diabetes. Ini disebabkan karena selain keluhan dan gejala berjalan perlahan dan tidak terasakan, juga karena gejalanya bervariasi, tergantung organ mana yang terkena. Maka wajar bahwa tidak sedikit orang mengetahui dirinya terkena diabetes setelah beberapa tahun dan datang ke dokter setleah mengalami komplikasi.

Inilah Gejala dan Tanda-Tanda Kencing Manis

Berikut adalah gejala dan tanda-tanda penyakit kencing manis (diabetes) yang perlu diwaspadai :

1. Banyak kencing
Ginjal tidak dapat menyerap kembali glukosa yang berlebihan di dalam darah. Glukosa ini akan menarik air ke luar dari jaringan. Akibatnya, selain kencing menjadi sering dan banyak, Anda juga akan merasa dehidrasi atau kekurangan cairan.

2. Rasa haus
Untuk mengatasi dehidrasi dan rasa haus yang ditimbulkannya, Anda akan banyak minum dan terus minum. Kesalahan yang sering dijumpai adalah bahwa untuk mengatasi rasa haus, Anda mencari softdrink yang manis dan segar. Akibatnya glukosa darah makin naik dan hal ini dapat menimbulkan komplikasi akut yang membahayakan.

3. Berat badan turun
Sebagai kompensasi dari dehidrasi dan banyak minum, Anda mungkin mulai banyak makan. Memang pada mulanya berat badan makin meningkat, tetapi lama kelamaan otot tidak mendapat cukup glukosa untuk tumbuh dan mendapatkan energi. Maka jaringan otot dan lemak harus dipecah untuk memenuhi kebutuhan energi. Berat badan menjadi turun, meskipun Anda banyak makan. Keadaan ii makin diperburuk oleh adanya komplikasi yang timbul kemudian hari.

Badan kurus banyak dijumpai pada penderita diabetes tipe 1. Pada diabetes tipe 2, kebanyakan penderitanya pada awalnya masih berbadan gemuk, tetapi di kemudian hari berat badannya turun.

4. Rasa seperti flu dan lemah
Keluhan diabetes dapat menyerupai sakit flu, rasa capek, lemah dan nafsu makan menurun. Pada diabetes, gula bukan lagi sumber energi karena gliukosa tidak dapat diangkut ke dalam sel untuk menjadi energi.

5. Mata Kabur
Glukosa darah yang tinggi akan menarik pula cairan dari dalam lensa sehingga lensa menjadi tipis. Mata Anda pun mengalami kesulitan untuk fokus dan penglihatan jadi kabur. Apabila Anda bisa mengontrol glukosa darah dengan baik, penglihatan bisa membaik karena lensa kembali normal. Inilah sebabnya orang yang menderita diabetes sering berganti-ganti ukuran kacamata karena glukosa naik-turun dan tidak terkontrol dengan baik.

A. Gejala Awal Diabetes Melitus

Gejala awal pada penyakit Diabetes Mellitus disebut dengan 3 P, yaitu :

1. Poliuria (banyak kencing)
Ketika kadar gula sudah melebihi batas pada ginjal yang dapat mengakibatkan glukosa dalam urin menarik air sehingga urin menjadi banyak. Maka seringkali para penderita diabetes mengalami buang air kecil dengan intensitas yang melebihi volume normal (poliuria).

2. Polidipsi (banyak minum)
Karena seringnya buang air kecil, maka para pasien penderita diabetes akan sering haus dan banyak minum (polidipsi). Dengan demikian, sering didapati pada penderita diabetes yang mengalami keluhan lemas, dan menjadi banyak makan (polifagi).

3. Polifagi (banyak makan)

Seorang penderita penyakit diabetes akan selalu merasa kelaparan, hal ini disebabkan oleh ketidakcukupan hormon insulin untuk memasukkan glukosa ke dalam sel sehingga tubuh sering merasa lemah. Akibatnya seseorang yang menderita diabetes akan makan dengan porsi yang lebih banyak lagi.

B. Gejala Lanjutan Diabetes Melitus

1. Berat badan berkurang
Tubuh akan menggunakan simpanan lemak dan protein untuk diubah menjadi tenaga jika proses sekresi pankreas kurang mencukupi jumlah insulin untuk mengubah gula menjadi tenaga. ‘Pengurasan’ simpanan lemak dan protein di tubuh ini menyebabkan berkurangnya berat badan.

2. Penglihatan Menjadi Kabur

Karena kadar gula darah yang tinggi, maka akan menyebabkan perubahan pada lensa mata sehingga penglihatan menjadi kabur walaupun penderita diabetes tersebut baru saja mengganti kaca mata.

3. Cepat Lelah
Tubuh cepat merasa lelah, kurang bertenaga dan bahkan seringkali mengantuk, hal ini disebabkan oleh gula di dalam darah yang tidak dapat diubah menjadi tenaga sel-sel tubuh.

4. Gatal di Daerah Kemaluan
Infeksi jamur disekitar kemaluan menyebabkan rasa gatal terutama pada wanita.

5. Luka Sulit Sembuh
Pada penderita diabetes, terjadi penurunan daya tahan tubuh terhadap infeksi sehingga jika timbul luka maka luka tersebut akan sulit sembuh. Tidak menutup kemungkinan, jika terjadi infeksi berat di daerah kaki, kemudian akan berpotensi untuk diamputasi hingga kecacatan permanen.

C. Gejala Kronis Diabetes Melitus
  1. Impoten / Disfungsi Ereksi & Kesemutan di Kaki. Penyakit Diabetes mampu merusak jaringan saraf dan pembuluh darah baik pada kemaluan maupun pada kaki, sehingga dapat menyebabkan impoten dan kesemutan di kaki.
  2. Kerusakan ginjal
  3. Gangren (infeksi berat pada kaki hingga membusuk)
  4. Kebutaan
  5. Serangan Stroke
  6. Serangan Jantung Koroner
  7. Kematian Mendadak

Jika disadari sejak awal, penyakit diabetes melitus tidak akan menakutkan. Gejala-gejala tersebut jika dibiarkan saja, maka akan menyebabkan komplikasi yang lebih fatal.

Lakukan pemeriksaan dini pada tubuh, tidak perlu menunggu hingga timbul gejala. Karena dengan dilakukan diagnosis dini, dokter dan pasien dapat menanggulangi diabetes melitus dengan baik agar kita mampu mencegah tersebut sebaik-baiknya.



JUAL BAWANG DAYAK
Tertarik Mencoba Bawang Dayak? Ingin Order Bawang Dayak?


Bawang Dayak / Bawang Tiwai/ Bawang Sabrang (Eleutherine palmifolia Merr) memiliki kandungan fotokimia antara lain alkaloid, glikosida, flavanoid, fenolik, steroid dan zat tannin yang merupakan sumber biofarmaka potensial. Alkaloid merupakan bahan organik yang mengandung nitrogen sebagai bagian dari heterosiklik. Senyawa alkaloid, flavonoid, glikosida dan saponin memiliki aktivitas hipoglikemik atau penurun kadar glukosa darah yang sangat bermanfaat untuk pengobatan diabetes melitus, Bahkan alkaloid yang ada dapat berfungsi sebagai anti mikroba.

Bawang dayak berkhasiat untuk mencegah dan mengatasi berbagai macam penyakit, dari ringan sampai berat antara lain: diabetes, asam urat, hipertensi / darah tinggi, radang usus, ginjal, prostat, segala jenis kanker dan tumor (kista, myom, kanker payudara, kanker rahim, kanker kelenjar getah bening, kanker paru paru, kanker usus dll), TBC, asma, migrain, vertigo, ambeien, stroke, kolesterol, bronkhitis, hepatitis, diabetes mellitus, jantung koroner, hipertensi, radang rektum, asam urat, radang prostat, peluruh lemak, bisul, rematik, amandel, maag, gangguan pencernaan lambung, gondok, gangguan seksual/vitalitas, keputihan, pelupa/menurunnya fungsi ingatan dan semua penyakit kronis yg berhubungan dengan darah

Aturan pakai (untuk semua jenis penyakit) :
- Ambil 5-6 butir bawang, cuci bersih, dan potong kecil-kecil
- Rebus bawang dengan 2 gelas air hingga air berkurang setengahnya
- Minum air rebusan bawang, sehari 2x

Bawang Dayak Segar
Harga : Rp.60.000/kg
Beli 4 kg Gratis 1 kg
Bawang Dayak Kering
Rajangan : Rp.150.000/kg
Serbuk : Rp.175.000/kg

Order via SMS / Whatsapp ke :
0857-5253-3377
PIN BBM :
D373F425
Kirim SMS/Whatsapp dengan format :
NAMA, ALAMAT LENGKAP, NO. HP, PRODUK YG DIPESAN, JUMLAH PESANAN
Contoh : 
Ahmad Wahyudi, Jl. Mampang Prapatan II No. 15 RT. 36 RW. 11 Jakarta Selatan 12790, HP. 0813264575788, Bawang Dayak, 1 Kg
  • Setelah menerima SMS Anda, segera kami balas dengan total harga dan ongkos kirim serta nomor rekening transfer (BCA) untuk pembayaran.
  • Begitu transfer kami terima, barang segera kami kirim dan no resi pengiriman akan kami beritahukan via SMS/Whatsapp.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.